As an Amazon Associate I earn from qualifying purchases

4 JENIS RASI BINTANG YANG BISA DI LIHAT DARI TELESKOP

Tau nggak sih, di antara sekumpulan bintang-bintang yang bermunculan di langit, beberapa bintang akan membentuk suatu pola. Nah, pola ini yang bisa kita sebut sebagai konstelasi atau rasi bintang. Terdapat sekitar 88 rasi bintang yang resmi diakui oleh International Astronomical Union. Tapi, nggak semua rasi bintang bisa kita lihat, lho! Beberapa dari mereka hanya terlihat di belahan bumi utara, sementara yang lainnya hanya terlihat di belahan bumi selatan.

Nah, setiap rasi bintang ternyata memiliki legenda yang menarik banget untuk di bahas, nih. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas beberapa sweet bonanza
macam rasi bintang yang paling populer beserta legendanya. Penasaran nggaksih? Langsung aja yuk kita simak ceritanya berikut ini.

Cassiopeia

Satu lagi rasi bintang besar di langit utara yang terkenal adalah Cassiopeia. Rasi bintang ini terdiri dari lima bintang paling terang dan berbentuk seperti huruf W. Hal ini juga yang membuat rasi bintang Cassiopeia mudah untuk dikenali. Nahkalo kamu tinggal di daerah subtropis, kamu bisa menemukan Cassiopeia di langit malam pada penghujung musim gugur atau awal musim dingin

Menurut mitologinya, Cassiopeia merupakan istri seorang raja bernama Cepheus dari kerajaan Ethiopia. Cassiopeia selalu kagum akan kecantikan dirinya. Hingga suatu hari, kesombongannya melampaui batas dan mengatakan bahwa ia jauh lebih cantik dari para putri Poseidon. Mendengar hal itu, sang Dewa Laut menjadi murka. Ia lalu mengutus monster laut bernama Cetus untuk menghancurkan kerajaan Ethiopia. Poseidon menghukum Cassiopeia dengan mengikatnya di kursi singgasananya sendiri dan menaruhnya ke atas langit dengan posisi terbalik.

Andromeda

Saat menyebutkan Andromeda, orang-orang pasti akan teringat dengan galaksi Andromeda atau galaksi tetangga Bimasakti. Tapi, ternyata slot server singapore
tidak hanya galaksi lho yang bernama Andromeda. Salah satu rasi bintang juga ada yang bernama Andromeda.

Rasi bintang Andromeda terletak di langit belahan Bumi utara dan biasanya bisa dilihat pada musim gugur dan musim dingin. Waktu terbaik untuk melihat rasi bintang ini yaitu pada bulan November. Andromeda akan terlihat tinggi pada malam hari pada bulan tersebut.

Rasi bintang Andromeda bertetangga dengan Pisces, Triangulum, Perseus, Pegasus, Cassiopeia, serta Lacerta. Bintang paling terang yang membentuk rasi Andromeda adalah Alpha Andromedae (Alpha And) yang biasa disebut dengan Alpheratz atau Sirrah.

Nama Andromeda diambil dari kisah legenda seorang putri cantik bernama Andromeda dari kerajaan Ethiopia. Dalam mitos Yunani kuno, Andromeda digambarkan sebagai seorang putri yang dirantai pada batu karang. Andromeda merupakan seorang putri dari Raja Cepheus dan Ratu Cassiopeia yang memerintah Kerajaan Ethiopia di pantai Mediterania. Legenda rasi ini masih berhubungan dengan rasi Cassiopeia yang sudah kita bahas sebelumnya.

Setelah membuat murka Dewa Laut Poseidon, satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh Raja Cepheus untuk menenangkannya adalah dengan mengorbankan Putri Andromeda. Akhirnya, Andromeda yang malang harus diikat di batu karang untuk menunggu monster lau datang dan membunuhnya. Singkat cerita, hal ini berhasil digagalkan oleh pemuda gagah berani bernama Perseus yang juga salah satu putra Dewa Zeus dan keduanya akhirnya menikah. Untuk mengenang kisah ini, Andromeda, Perseus, dan Raja Cepheus akhirnya ditempatkan di langit dan berubah menjadi bintang.

Aquila

Rasi bintang Aquila terletak di langit bagian utara, dekat dengan ekuator langit. Dalam bahasa Latin, Aquila berarti “Elang”. Aquila memiliki bintang paling terang bernama Altair. Bintang ini membentuk asterisme yang menonjol di langit bersama dua bintang terang lainnya, yaitu Deneb (Cygnus) dan Vega (Lyra). Ketiganya kemudian dikenal sebagai Segitiga Musim Panas (The Summer Triangle). Jarak Altair ke bumi juga cukup dekat, sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang. Jadi, untuk menemukan Aquila, cukup temukan Altair dan kita akan menemukan bagian lain dari rasi bintang satu ini. Dalam mitologi Yunani, Aquila merupakan seekor elang yang membawa petir Zeus dan pernah diutus untuk menjemput seorang pemuda Trojan bernama Ganymede ke Olympus, untuk menjadi pembawa piala para dewa.

Canis Major

Setelah sebelumnya kita udah banyak membahas rasi bintang yang terletak di langit bagian utara, akhirnya kita ngomongin salah satu rasi bintang yang letaknya di bagian selatan, nih. Dalam bahasa Latin, Canis Major memiliki arti “Anjing Besar”. Canis Major terkenal karena pada susunan rasi bintangnya terdapat Sirius, bintang paling terang di angkasa. Oleh karena itu, Sirius sering disebut sebagai Bintang Anjing. Bintang paling terang kedua yang dimiliki Canis Major bernama Andhara. Nahkalo Sirius terletak di bagian dada, maka Andhara terletak di salah satu kaki anjing.

Menurut mitologinya, Canis Major dikaitkan dengan Laelaps, anjing tercepat di dunia yang ditakdirkan untuk menangkap apapun yang dikejar. Zeus memberikan Laelaps dan sebuah lembing kepada Europa sebagai hadiah. Sayangnya, Europa sendiri nggak sengaja terbunuh oleh suaminya, Cephalus yang sedang berburu menggunakan lembing.

Akhirnya, Cephalus membawa anjing itu ke Thebes di Boeotia, sebuah provinsi Yunani di bagian utara Athena untuk memburu rubah yang menyebabkan masalah di sana. Sama seperti Laelaps, rubah sangat cepat dan ditakdirkan untuk nggak bisa ditangkap. Ketika Laelaps mengejar rubah, balapan pun nggak bisa diakhiri. Hingga Zeus memutuskan untuk mengubah kedua hewan tersebut menjadi batu dan menempatkan Laelaps ke langit sebagai rasi bintang Canis Major.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Kitchen Wares Rewiew