As an Amazon Associate I earn from qualifying purchases

Berikut Cara Pemasangan Roof Rack Mobil Offroad

Berikut Cara Pemasangan Roof Rack Mobil Offroad

mobil offroad

Roof rack mobil offroad  warungmotor.com dapat menjadi solusi ketika barang bawaan kamu tak cukup disimpan di bagasi mobil. Fungsinya Sebagai penyangga agar barang bawaan dapat diletakkan di atap. Sebelum menggunakannya, ada baiknya kamu mengetahui komponen dan cara pemasangannya yang aman. Simak artikel berikut ini.

Komponen roof rack mobil warungmotor Otomotif Motor offroad terdiri dari beberapa macam. Ada fit kit, foot pack, dan wind bar. Singkatnya fit kit untuk mematenkan posisi roof rackfoot pack sebagai kaki penyangga, windbar sebagai dudukan roof box.

Fit kit menjadi clamp yang langsung menempel di struktur atap mobil untuk menjepit keseluruhan posisi roof rack. Idealnya  fit kit disesuaikan dengan struktur atap mobil yang bisa dipasang roof rackFit kit ini dipasang pada komponen foot packFoot pack menjadi kaki penyangga dari roof rack. Bentuk dan ukuran menyesuaikan kebutuhan. Nantinya foot pack akan dipasang komponen windbar atau crossbar.

Baca Juga : Modifikasi CB 150R

Cara Memasang Roof Rack Supaya Aman

  1. Ketahui beban maksimal mobil

Sebelum memasang roof rack, ketahui beban maksimal yang dapat ditampung mobil. Walaupun memiliki kapasitas yang besar, pemasangan komponen ini bisa mempengaruhi kondisi struktur atap mobil. Apabila roof rack terlalu berat, atap mobil bisa penyok. Stabilitas mobil juga akan terganggu apabila roof rack terlalu besar. Mobil bisa terpental apabila melewati tikungan tajam. Untuk mengetahui beban maksimal yang bisa ditampung, kurangi gross weight dengan curb weight. Selanjutnya, kurangi dengan perkiraan total beban penumpang.

  1. Perhatikan bentuk roof rack

Selanjutnya, sesuaikan bentuk roof rack dengan bentuk bodi mobil. Sebab, bentuknya akan mempengaruhi aerodinamis mobil ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Jika tidak sesuai, mobil akan mudah goyang dan membahayakan pengendara.

  1. Pilih material yang berkualitas

Roof rack rentan rusak karena berada di bagian mobil yang sering terkena sinar matahari. Kalau bahan yang dipilih kurang bagus, maka akan mudah pecah. Dampaknya, justru akan bocor dan merusak barang bawaan.  Sebaiknya, pilihlah roof rack berbahan plastik ABS karena cukup kuat dan tahan air. Beratnya pun hanya berkisar mulai dari 10 hingga 15 kilogram. Kemudian, pilihlah yang telah dilapisi pelindung sinar ultraviolet. Walaupun terkena panas secara terus-menerus,  pasti lebih tahan lama.

  1. Pastikan sudah ada roof rail

Sebelum memasang roof rack, pastikan atap mobil kamu sudah ada roof rail-nya. Apabila belum punya roof rail, pastikan rail terpasang dengan sempurna di atap. Karena celah sekecil apapun dapat membuat air masuk ke dalam kabin.

  1. Pasanglah dengan benar

Pemasangan roof rack bisa dilakukan dengan menggunakan bor atau menggunakan penjepit di tulang atas. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pastikan untuk melakukan prosesnya secara teliti dan tidak merusak bodi mobil sehingga terjadi kerusakan atau bocor.

Asuransi Mobil Pilihan

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Baca Juga : Modifikasi Mobil Sedan Yang Terbaik di 2023

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Kitchen Wares Rewiew