As an Amazon Associate I earn from qualifying purchases

Pilih Radiator Coolant Terbaik Untuk Melindungi Mesin Genset Diesel

coolant radiator mencegah overheating genset

Saat ini banyak yang belum memahami pentingnya radiator coolant bahkan ada yang mengisi radiator hanya dengan menggunakan air biasa karena lebih murah. Memang beberapa radiator coolant cukup mahal namun sudah banyak radiator coolant yang dijual dengan harga terjangkau sehingga dapat melindungi mesin genset lebih maksimal tanpa merusaknya. Semua genset diesel seperti genset Yanmargenset Powerline dan genset Cummins biasanya memiliki radiator yang memerlukan radiator coolant yang tepat sesuai spesifikasi gensetnya.

Radiator coolant memiliki peranan penting untuk menjaga agar suhu mesin genset diesel tidak overheating yang akan berdampak buruk pada komponen mesin lainnya. Radiator coolant mengandung bahan-bahan khusus yang memang berguna untuk menjaga suhu mesin sehingga mesin genset diesel dapat bekerja dengan normal.

Sangat penting untuk mengganti cairan radiator secara berkala agar bisa bekerja dengan maksimal dan genset diesel tidak mengalami gejala overheat. Biasanya penggantiannya yaitu setiap 500 jam pemakaian dan tidak boleh dicampur dengan merek lain agar tidak terjadi reaksi kimia yang dapat merusak genset diesel. Radiator coolant juga dapat mencegah terbentuknya karat dan menyebabkan korosi pada mesin genset diesel.

Radiator Coolant Untuk Genset Diesel

Saat ini sudah banyak pilihan radiator coolant yang bagus untuk mesin genset diesel. Berbagai merek radiator coolant dengan komposisi yang berbeda-beda dikeluarkan karena setiap genset diesel baik itu genset bensin maupun diesel membutuhkan radiator coolant yang berbeda-beda mengingat komponen mesin genset diesel yang digunakan berbeda sehingga harus disesuaikan terlebih dahulu sebelum membeli radiator coolant yang tepat.

Namun beberapa radiator coolant juga sudah bisa digunakan baik untuk genset sehingga lebih praktis apalagi yang memiliki genset di rumah. Anda bisa memahami terlebih dahulu pilihan radiator coolant atau bisa langsung bertanya ke teknisi atau ke bengkel agar bisa menentukan radiator coolant untuk genset yang tepat.

Memilih radiator coolant yang berkualitas merupakan keharusan dan pastikan memilih cairan pendingin radiator siap pakai dengan formulasi khusus yang berfungsi untuk mencegah pembentukan karat dan kerak pada radiator, dapat mencegah overheating dengan menstabilkan panas pada mesin genset, serta dapat melumasi Thermostat dan Water Pump.

Dengan penggunaan radiator coolant yang tepat maka mesin genset akan lebih dingin bahkan bisa menghemat biaya perawatan genset karena mesin genset menjadi tidak cepat rusak.

Cara penggunaan radiator coolant juga cukup mudah. Pertama-tama, buka tutup radiator kemudian periksa cairan radiator di dalamnya. Apabila sudah kotor, sebaiknya buang semuanya dan kuras pada suatu wadah hingga bersih. Setelah itu, anda bisa langsung menuangkan radiator coolant yang tepat hingga batas kemudian tutup radiator.

Cobalah untuk menghidupkan mesin selama 5 menit. Setelah itu coba buka kembali tutup radiator namun pastikan jika tutup sudah dalam keadaan dingin. Apabila cairan radiator berkurang, maka anda bisa menambahkannya lagi.

Baik genset Yanmargenset Powerline dan genset Cummins harus menggunakan radiator coolant yang tepat sesuai spesifikasi gensetnya. Sehingga mesin genset bisa tetap awet, dan jika bingung dalam memilih radiator coolant yang tepat bisa menanyakan langsung ke distributor genset dimana Anda membeli genset dieselnya.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Kitchen Wares Rewiew